7 Aplikasi Coding Terbaik untuk Pemula, Kamu Wajib Tahu!

Ingin belajar coding? Kamu wajib tahu deretan aplikasi coding berikut, agar kamu bisa mempelajari dan mengerjakannya dengan mudah!

Di jaman yang telah maju seperti saat ini istilah coding bukan lagi hal yang aneh dan asing bagi banyak orang. Coding kini tak hanya dipahami oleh orang-orang dengan pengalaman atau background pendidikan IT, namun orang awam dari bidang lain pun sudah memahami, atau bahkan turut terjun ke dalamnya.

Deretan aplikasi coding berikut ini dipastikan bisa membantumu saat membuat sebuah program. Jadi apa saja sih aplikasi-aplikasi tersebut? Simak terus artikel ini, ya.

Aplikasi Coding di Smartphone

Teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Tak terkecuali pada smartphone yang kini sudah bisa membantu kita dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaan. 

Salah satu hal yang bisa dikerjakan dengan smartphone adalah coding. Ya, kini kamu tak harus menggunakan PC atau laptop yang canggih, karena smartphone sudah bisa membuat kamu jadi pro di dunia per-coding-an.

Beberapa aplikasi coding terbaik yang bisa kamu install di smartphone yaitu:

  1. Grasshopper

Jika kamu ingin memperdalam ilmu JavaScript, Grasshopper hisa menjadi andalan mu. Aplikasi yang dirancang oleh tim Code bersama Google ini memfokuskan materinya untuk keterampilan belajar pemrograman seperti variable, loop, dan function.

Grasshopper hanya menyediakan mode drag dan drop yang sederhana, jadi kamu tidak akan ribet saat menggunakannya. Yang paling asyik, disini kamu bisa mendapatkan awards dan sertifikat untuk setiap materi pembelajaran yang berhasil kamu selesaikan.

  1. SoloLearn

Di aplikasi ini kamu ga cuma mempelajari ilmu dasar coding, tetapi ada juga ratusan kuis serta kursus yang harus kamu lewati pada setiap bab.

Kursus online pada SoloLearn juga menyediakan materi coding dari seluruh penjuru dunia, bahkan kamu juga bisa ikut berpartisipasi pada forum dengan siswa lainnya untuk mendiskusikan materi pembelajaran.

Aplikasi coding ini menawarkan materi pembelajaran mulai dari JavaScript, Python, SQL, HTML, CSS, Java, Swift, Ruby, C++, hingga PHP. SoloLearn juga akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa kompetitif, karena kamu bisa membagikan hasil dari materi coding yang kamu pelajari.

  1. Mimo

Aplikasi coding tak selamanya membosankan. Contohnya aplikasi Mimo. User interface dari aplikasi ini sangat memanjakan mata karena dipenuhi warna-warna yang bikin kamu merasa seperti main game.

Mimo berfokus pada coding yang bisa kamu terapkan di dunia nyata seperti JavaScript, Python, HTML, Java, CSS, SQL, Swift, Kotlin, C++, dan PHP.

Selain interface yang seru, Mimo juga memiliki interface yang simpel, dan user friendly yang bikin kamu jadi semakin tertarik saat belajar di aplikasi ini.

Coding di PC

Bagi sebagian orang melakukan coding mungkin akan terasa lebih maksimal jika dilakukan dengan menggunakan PC ataupun laptop. 

Aplikasi coding di PC mungkin akan cukup berbeda dengan aplikasi pada smartphone, bahkan terkadang fitur yang disediakan lebih lengkap dan menyediakan bermacam-macam plugin tambahan.

Jika kamu ingin aplikasi coding yang ringan, kompatibel, dan dapat terintegrasi dengan program lain, deretan aplikasi berikut mungkin bisa menjadi andalan mu.

  1. Sublime Text 

Sublime Text cukup kompatibel karena bisa digunakan oleh perangkat Windows, Linux, dan Mac. Tampilan dari aplikasi ini juga beragam namun tetap sederhana , sehingga memiliki performa yang maksimal dan ramah pada berbagai pengembangan code.

  1. Visual Code Studio

Aplikasi besutan Windows ini bisa kamu gunakan secara gratis, namun tetap bisa memberikan user interface yang menarik.

Fitur yang dihadirkan di aplikasi ini juga sangat bersaing seperti bisa melengkapi barisan kode secara otomatis, keyboard shortcut, hingga terdapat mode Zen untuk menyembunyikan menu dan ikon lainnya.

  1. Atom

Aplikasi besutan GitHub yang satu ini sudah mendukung banyak bahasa dan dilengkapi dengan tampilan yang menarik.

Kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux, Atom bisa dikatakan sebagai aplikasi modular di mana program besar dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sehingga mudah dipahami. 

Kamu juga bisa menambahkan fitur lain dengan meng-install plugins yang tersedia. Atom sendiri memiliki fitur seperti teknologi web based, fuzzy finder, TextMate Grammars, serta terintegrasi dengan Node.js, fast project-wide dan file system browser.

  1. Komodo Edit

Terakhir ada aplikasi coding yang juga kompatibel dengan segala macam sistem operasi (Windows, Mac, dan Linux).

Diluncurkan pada 2007, Komodo Edit terbilang sudah berhasil menjadi sahabat para programmer dengan berbagai fitur yang lengkap dan bahasa pemrograman yang meliputi SQL, CSS, HTML, Python, PHP, hingga Ruby.

Itulah 7 aplikasi coding yang bisa kamu gunakan sebagai pemula di dunia programming. Kamu ga perlu takut untuk memulainya, karena cukup dengan mengetahui satu atau dua bahasa, bisa dipastikan kamu bisa menguasainya secara mendalam. 

7 Aplikasi Coding Terbaik untuk Pemula, Kamu Wajib Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.