Prinsip-prinsip Dasar dalam Coding Games

Siapa yang tidak suka dengan bermain games, hampir sebagian besar populasi di dunia apalagi pria sangat mencintai bermain games. Bagaimana jika games bisa kamu bikin sendiri? Yap! Dengan menguasai coding games, tekun dan terus mau belajar, pasti kamu bisa membuat sebuah games kamu sendiri.

Untuk membuat games sendiri, kamu perlu memahami beberapa prinsip-prinsip dasar dalam coding games. Seperti halnya membuat kue, kamu perlu melewati beberapa tahapan, begitupun dengan membuat games.

Dimulai dari melakukan riset, cerita, gambaran besar sampai melakukan coding games. Tahapan tersebut memerlukan prinsip-prinsip maupun komitmen untuk menyelesaikan satu games-mu.

Mari kita pelajari bersama prinsip dan langkah-langkah dasar dalam coding games pada artikel ini, dan diharapkan kamu bisa membuat sebuah games kamu sendiri kedepannya.

  • Research & Konseptualisasi Games

Langkah awal untuk memulai membuat games, tentunya dengan merangkai konsep dari games secara garis besar, mulai dari karakternya apa, ceritanya seperti apa, dan juga kamu melakukan research tools apa saja yang akan digunakan.

  • Tentukan Software

Setelah proses konseptualisasi dari games yang telah dibuat, kamu siap untuk memulai coding games kamu. Eits… Sebelum mengerjakan codingan, kamu perlu dulu nih menentukan software apa yang cocok untuk games kamu.

Dalam beberapa games  tidak terlalu memerlukan software spesifik, hanya perlu editor dan compiler aja. Tapi, ada juga beberapa games yang memang membutuhkan software tertentu, seperti untuk membuat desain dan gambar 3D.

  1. Coding Games

Ini adalah tahapan yang akan menguras tenaga, maupun pikiran kamu, sebab pengerjaan ini membutuhkan waktu dan komitmen tinggi agar berhasil melewati proses me-coding games. 

Setelah sebelumnya kamu sudah menentukan software yang cocok, sekarang gunakanlah software tersebut untuk menuntaskan games impianmu. Biasanya Unity Editor digunakan untuk games RPG seperti Legend of Zelda dan PhoneGap digunakan untuk games sederhana pada handphone.

  • Test & Pasarkan Games

Setelah kamu berhasil menyelesaikan rangkaian dari pembuatan games, kamu juga harus melakukan test dan temukan bug untuk diperbaiki. Bug sendiri adalah sebuah error proses yang menyebabkan adanya hole dalam games.

Setelah kamu rasa cukup memperbaiki bug yang ada, sudah waktunya untuk memasarkan games kamu ke gamers di dunia. Ada berbagai cara untuk kamu pasarkan, seperti sosial media, website, Play Store maupun App Store.

Memang dalam perjalanan pembuatan games-nya tidak bisa dikatakan mudah, karena membutuhkan tenaga, waktu maupun material yang tidak sedikit. 

Kamu jangan sampai patah semangat di tengah jalan ya, karena bayangkan deh jika games kamu viral, bisa aja kamu menjadi jutawan karena games yang kamu buat iseng-iseng ini.

Prinsip-prinsip Dasar dalam Coding Games

Leave a Reply

Your email address will not be published.